Minggu, 23 Juni 2013

Lapisan-lapisan Budaya Organisasi


Lapisan-lapisan Budaya Organisasi
Dalam mengukur budaya suatu organisasi, seorang peneliti harus mengamati sejumlah lapisan. Lapisan-lapisan tersebut beranjak dari yang paling dasar hingga yang paling mudah dilihat. Lapisan-lapisan tersebut juga turut menentukan indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian guna meneliti masalah budaya organisasi. 
Salah satu kajian Edgar H. Schein mengenai kaitan antara kepemimpinan dan budaya organisasi secara awal berupaya mengungkap lapisan-lapisan yang ada di dalam konsep budaya organisasi. Schein membagi lapisan budaya organisasi menjadi 3 tingkat yaitu : (1) Artifak; (2) Keyakinan dan Nilai; dan (3) Asumsi-asumsi.[12] Secara berurutan, artifak lebih mudah diamati ketimbang keyakinan dan nilai, sementara keyakinan dan nilai lebih mudah diamati ketimbang asumsi-asumsi. Jika diskemakan maka lapisan menurut Schein adalah sebagai berikut :[13]

0 komentar:

Posting Komentar